Apa Itu Sistem Informasi bisnis?


Apa Itu Sistem Informasi bisnis? Informasi bisnis datang dalam survei umum, data, artikel, buku, referensi, mesin pencari, dan catatan internal yang dapat digunakan untuk memandu perencanaan, operasi, dan evaluasi kegiatannya. Informasi tersebut juga berasal dari teman, pelanggan, rekan kerja, dan vendor.


Sistem informasi bisnis memiliki sumber yang diterbitkan dapat berupa surat kabar harian, majalah keuangan, perdagangan, dan asosiasi, database, statistik pemerintah, direktori, manual teknis, dan banyak lagi. Akibatnya, karena "informasi" didefinisikan lebih, oleh konteks daripada konten. Jadi informasi bisnis adalah informasi apa pun yang membantu untuk mengetahui lingkungan bisnis.

Informasi dapat digunakan untuk mengevaluasi pasar dengan survei perubahan selera dan kebutuhan, pemantauan niat atau sikap pembeli, serta menilai karakteristik pasar. Informasi sangat penting dalam menjaga tab pada kompetisi dengan menonton perkembangan baru produk. Bahkan pergeseran dalam pangsa pasar, kinerja perusahaan individu, dan tren industri secara keseluruhan. Sehingga intelijen membantu manajer mengantisipasi perubahan hukum dan politik.

Analis bisnis mengutip dua sumber utama informasi bisnis: informasi eksternal, di mana dokumentasi tersedia untuk umum dari pihak ketiga. Dan informasi internal, terdiri dari data yang dibuat untuk menggunakan satu-satunya perusahaan dengan memproduksi, seperti file personil, rahasia dagang, dan risalah rapat dewan.

INFORMASI BISNIS EKSTERNAL

Informasi eksternal datang dalam berbagai bentuk dari bahan cetak hingga laporan yang disiarkan ke penyebaran online.
  • Informasi Cetak


Kategori cetak tidak hanya mencakup beragam buku dan terbitan berkala, tetapi juga mencakup mikrofilm atau  microfiche, buletin, serta subkategori lainnya. Tentu saja pemilik bisnis memiliki beragam judul buku untuk dipilih. Jadi banyak di antaranya menemukan jalan mereka ke rak-rak perpustakaan umum, bisnis, dan universitas setiap tahun.

Selain buku-buku yang memberikan informasi referensi umum tentang manajemen sumber daya manusia, pembiayaan awal, pengembangan produk, pendirian bisnis rumahan. Namun industri penerbitan telah melihat lonjakan buku-buku yang membahas lebih banyak masalah filosofis. Seperti menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan keluarga. Jadi anda bisa membangun interaksi pribadi yang sehat dengan rekan kerja dan karyawan, sifat aktivitas kewirausahaan, serta banyak lainnya.

Banyak pemilik usaha kecil lainnya mendapatkan sejumlah besar informasi bisnis mereka dari sumber cetak. Seperti halnya buku, wirausaha dan pemilik bisnis yang sudah mapan  dalam beralih ke berbagai sumber berkala dan masing-masing dengan target ceruk sendiri. Beberapa majalah dan surat kabar, seperti Business Week dan Wall Street Journal, memberikan cakupan kepentingan umum.

Lalu ada jurnal perdagangan, dan sebagian besar cetak yang ditujukan untuk audiens sangat terpilih. Sehingga jurnal perdagangan ini,  menyediakan liputan sempit untuk industri tertentu dan sering kali berisi informasi spesifik industri yang berharga. Subkategori lain dari kategori cetak khusus adalah materi yang diterbitkan melalui layanan riset bisnis dan asosiasi.
  • Media Televisi dan Radio


Sumber informasi bisnis ini mungkin yang paling tidak membantu dari berbagai sumber eksternal yang tersedia untuk pemilik usaha kecil. Program yang ditujukan untuk strategi investasi umum dan perubahan keberuntungan perusahaan besar dapat ditemukan. Tetapi sifat penyiaran yang luas membuat sulit untuk meluncurkan program yang ditujukan oleh audiens.
  • Informasi Online


Ketika kita memasuki dekade pertama abad 21, kecepatan dan ruang lingkup Internet semakin tinggi dan mulai mengubah Web menjadi sumber informasi paling kuat untuk bisnis kecil. Dengan layanan berlangganan yang sesuai akses ke sumber cetak lebih mudah. Maka keterampilan pencarian, harus dikembangkan. Tetapi pemilik usaha kecil dapat dipraktikkan seni ini di malam hari ketika perpustakaan dan toko buku ditutup.

0 Response to "Apa Itu Sistem Informasi bisnis?"

Post a Comment